Sunday, December 15, 2019


OBAT NYAMUK DARI BAHAN NABATI

Ayyub Arrahamn dan M.Sudjak Saenong
Balai Penelitian Tanaman Serealia Maros

PENDAHULUAN
Untuk mencegah hal-hal yang mencemarkan lingkungan, terdapat sumber alternative ramah lingkungan yang dapat dibuat sendiri, seperti obat nyamuk nabati, metode-metode yang aman bagi kesehatan, antara lain (Anonim, 2012a).
Ekstrak Serai
Serai dibuat dalam bentuk ekstrak. Ekstrak adalah sediaan kering, kental atau cair dibuat dengan “menyari” simplisia nabati atau hewani menurut cara yang cocok, di luar pengaruh cahaya matahari.*fhi Ekstrak serai dapat membunuh nyamuk karena ekstrak serai memiliki senyawa sitronela yang dapat menimbulkan efek desiscant atau kekurangan cairan.
Bahan:
1. 1 ons batang dan daun serai dapur (kurang lebih 4-5 batang )
2. Gelas ukur ( jika tidak ada gunakan gelas biasa )
3. Pisau dan talenan
4. Timbangan
5. Blender ( jika ada )
6. 1 mangkuk
7. Saringan
8. 2 gelas ( gunakan gelas ukur jika ada )
9. Penyemprot ( sprayer )
10. Corong

Ekstrak kering harus mudah digerus atau campuran etanol dari air. Yang paling mudah dengan menghaluskan bahan ekstrak (diblender atau dipotong kecil-kecil), kemudian dicampur air sebagai pelarut.
1) a. Jika menggunakan blender, potong 1 ons daun dan batang serai dengan panjang kurang lebih 5 cm, blender sampai halus
b. Jika tidak menggunakan blender, potong 1 ons daun dan batang serai sampai kecil-kecil .
2) Masukkan serai yang sudah halus ke mangkuk, lalu rendam dengan 25 ml Air ( 1/8 gelas )
3) Rendam selama 1 hari
4) Perat lalu saring hasil rendaman tadi
5) Tuangkan ke sprayer
6) Encerkan dengan air. Rasio air : ekstrak = 3 : 1
7) 100 ml obat nyamuk dan semut alamiah siap digunakan

Ket: 1 batang serai beratnya 25-40gr.
Penggunaan ; semprotkan ekstrak serai dapur ke ruangan yang ingin disterilkan dari nyamuk.*fhi Atau semprotkan langsung pada sarang , jalan atau kerumunan semut untuk membunuh semut.Tutup ruangan rapat-rapat selama 15 menit.

Ekstrak Bawang Putih ( Allium sativa )
Nyamuk pergi karena bau yang sangat menyengat Karena di dalam bawang putih terkandung zat allicin yang menimbulkan aroma yang sangat kuat.*fhi Disamping itu bawang putih juga mengandung zat nicotinic acid yang membuat nyamuk pergi.
Bahan :
1) Bawang putih 500g
2) Air 250 ml
3) Minyak tanah 1 sdm
4) Sabun Cair 1 sdm
Cara Pembuatan:
Pembuatan larutan bawang putih 500g ditambah air 250ml kemudian diblender ditambah minyak tanah 1 sendek makan dan diamkan 24 jam. Setelah 24 jam disaring kemudian ditambah sabun cair 1 sendok makan larutan yang sudah jadi diencerkan dengan air perbandingannya 1 : 20.*fhi
Kemudian dimasukkan pada botol semprotan dan disemprotkan ke nyamuk

Obat Nyamuk Listrik dari Bunga Sukun (Umum di tempat Admin).
Serbuk bunga sukun (bisa diganti bunga kluweh) ternyata lebih tahan lama dibandingkan dengan obat nyamuk elektrik merek terkenal.*fhi Sementara obat nyamuk pabrik hanya bertahan 18 jam nonstop, bunga sukun efektif mengusir nyamuk sampai 48 jam. “Lebih hemat,”. Bunga jantan pembasmi nyamuk bahannya murah dan mudah ditemukan. Cara pembuatannya juga amat sederhana, cukup menumbuk bunga jantan kering, simpan dalam kertas tisu, tetesi air, dan dipasang pada alat pembasmi nyamuk elektrik.
Dijamin nyamuk bakal mati, paling tidak ngacir dari tempat parkirnya selama dua hari. Tidak ada bau menyengat seperti obat nyamuk dari bahan kimia.
Cara membuat:
1. Bunga jantan sukun dikeringkan.
2. Tumbuk bunga sukun sampai halus.
3. Serbuk bunga sukun diletakkan di atas kertas tisu. Kertas dilipat membungkus serbuk sampai berbentuk empat persegi panjang se-besar isi ulang obat nyamuk elektrik .
4. Basahi lipatan kertas tisu berisi serbuk dengan beberapa millimeter air
5. Pasang kertas tisu itu pada alat pembasmi nyamuk elektrik. Nyalakan

Penggunaan Daging dan Kulit Durian (udah pernah dibahas)
Ternyata aroma buah durian yang khas dan menyengat dapat mengusir nyamuk tidak lagi hanya sebuah mitos, tapi telah terbukti secara ilmiah.*fhi. Cara ini bertitik tolak dari asumsi bahwa nyamuk sangat takut dengan sumber bebauan yang menyengat, seperti bau kulit jeruk, bunga lavender atau bunga rosemary.  Buah durian juga memiliki bau yang menyengat, disebabkan karena di dalam buah durian yang dikenal lezat ini terdapat kandung minyak atsiri dan alkohol.*fhi
Cara Pembuatan :
1. Cincang kulit buah durian sehingga menjadi potongan-potongan kecil.
2. Potongan kulit ditimbang
3. 100 gram ditambah daging durian 50 gram, lalu dihaluskan dengan blender. Untuk pelarutnya digunakan alcohol 70% sebanyak 25 mililiter, dan air 100 mililiter.
4. Larutan yang diperoleh itu kemudian diperas menggunakan kain ayakan. Proses berikutnya, bekas obat nyamuk elektrik dicelupkan ke dalam larutan itu selama lebih kurang 5 menit, lalu diangkat dan dijemur selama 1 sampai 3 jam, atau hingga tampak kering.*fhi Dengan demikian, obat nyamuk ini sudah bisa digunakan.
Paling tidak dengan cara-cara ini, Sobat greener bisa menjaga kelangsungan dan mencegah adanya pencemaran lingkungan dari obat nyamuk kimiawi dengan menggantinya dengan produk alami yang ramah lingkungan. Mari kita jaga dan kita rawat bumi kita ini.

TANAMAN-TANAMAN PENGUSIR NYAMUK (Sobat Bumi, 2012).
Lavender
Tumbuhan lavender kerap kali digunakan sebagai bahan dasar lotion anti nyamuk. Bunga lavender memiliki aroma yang sangat harum. Tak perlu diproses menjadi pelembab kulit, cukup gosokkan bunga ini ke tubuh, dijamin nyamuk tak ada yang mau nempel dengan kulitmu.

Akar wangi
Tumbuhan akar wangi dapat mengendalikan populasi nyamuk deman berdarah. Nyamuk demam berdarah konon sangat takut menghadapi tumbuhan akar wangi. Bau ngengat yang keluar dari tumbuhan ini cukup mematikan untuk nyamuk jenis itu.

Suren
Jika Anda memiliki lahan pekarangan luas dan dipenuhi dengan pepohonan, ada bagusnya Anda menanam tumbuhan suren. Tanaman ini terbukti sangat ampuh mengusir nyamuk. Tumbuhan yang bentuknya pohon berukuran 20 m ini memiliki daun dan kulit kayu yang beraroma tajam. Para petani kerap menanam suren di ladang-ladang pesawahan mereka, suren dipercaya juga dapat mengusir hama serangga tanaman.

Zodia
Tanaman Zodia adalah tumbuhan yang paling favorit sebagai pengusir nyamuk. Tanaman ini memiliki kandungan evodiamine dan rutaecarpine yang tak disukai serangga. Zat tersebut menghasilkan aroma yang tajam, jika tertiup angin aroma itu mudah sekali tersebar ke seluruh ruangan. Ada baiknya Anda menanam zodia dalam pot dan meletakkannya di salah satu sudut ruangan Anda. Ruangan Anda bebas nyamuk deh.

Geranium
Tanaman jenis perdu ini memiliki aroma yang cukup harum namun tidak disukai serangga. Pasalnya tanaman yang memiliki kandungan zat geraniol dan sitronelol ini bersifat antiseptik. Selain berkhasiat mengusir nyamuk, tanaman ini bisa menjadi penghijau ruangan Anda. Bentuknya yang indah bisa menjadikan tanaman ini sebagai media relaksasi mata.
Selasih
Yang terakhir adalah tanaman selasih. Selasih dipercaya mengeluarkan aroma yang cukup tajam bagi serangga. Tanaman ini paling cocok berada di dalam rumah. Letakkan sedikit lama dalam ruangan akan lebih membantu pengusiran nyamuk di rumah Anda. Sederhana dan sangat cinta alam bukan?


DAFTAR PUSTAKAA DAN BACAAN

Anonim, 2012a. Membuat obat nyamuk ramah lingkungan. http://id-id.facebook.com/ForumHijauIndonesia/posts/337524893005281. Diakses tgl 5 Desember 2012
Anonim, 2012b. Daftar Tumbuhan sebagai Bahan Pestisida Nabati | Pestisida Organik.


Anonim, 2012c. Pemanfaatan Ekstrak Serai Dapur sebagai Obat Nyamuk dan Semut Alamiah. http://tutorjunior.blogspot.com/2009/10/pemanfaatan-ekstrak-serai-dapur-sebagai.html. Diakses tgl 5 desember 2012

Anonim, 2012d. Cara membuat obat nyamuk. http://galaktosa.blogspot.com/2010/02/cara-membuat-obat-nyamuk.html. Diakses tgl 5 Desember 2012

Anonim, 2012e. Lotion Anti Nyamuk Dari Tanaman Tembelek. http://uny.ac.id/berita/lotion-anti-nyamuk-dari-tanaman-tembelek.html. Diakses tgl 5 Desember 2012.

Margaret Puspitarini, 2012. Lotion Anti Nyamuk Ramah Lingkungan dari UNY. http://kampus.okezone.com/read/2012/10/01/372/697398/lotion-anti-nyamuk-ramah-lingkungan-dari-uny. Diakses tgl 5 Desember 2012

Sobat Bumi, 2012. Tpis membuat obat nyamauk yang ramah lingkungan. http://www.sobatbumi.com/inspirasi/view/235/Tips-membuat-Obat-Nyamuk-Ramah-Lingkungan-11. Diakses tgl 5 Desember 2012.