Rabu, 05 Juli 2017

Maklumat Penerbitan Buku I


STRATEGI PENGENDALIAN DAN PENGELOLAAN HAMA KUMBANG BUBUK (Sitophilus zeamais Motsch) (Coleoptera: Curculionidae) PADA TANAMAN JAGUNG MENUNJANG STABILITAS PRODUKSI DAN KETERSEDIAAN PANGAN NAIONAL (AARD Press 2016).

Hama kumbang bubuk (Sitophilus zeamais Motsch) adalah hama gudang pada tanaman jagung yang dapat menyerang biji jagung sejak di pertanaman khususnya pada tanaman jagung yang mempunyai penutupan klobot yang tidak sempurna hingga pada saat biji jagung berada pada periode penyimpanan. Populasi hama ini dapat meningkat seiiring dengan lamanya penyimpanan. Kerusakan yang ditimbulkan sangat besar, data referensi menunjukkan bahwa tingkat kerusakan rata-rata yang diakibatkan oleh serangan hama ini dapat mencapai angka 30%. Berkaitan dengan hal tersebut, maka beberapa kajian penelitian dalam rangka penanganan dan pengelolaan hama ini ditampilkan dalam bentuk sitasi dan kutipan yang dimaksudkan untuk memberi informasi dan perbandingan tentang mekanisme kajian riset yang telah ada sebelumnya. 


Buku ini mengulas mengenai gambaran umum, perkembangbiakaan, pengelolaan dan pengendalian, serta aspek tingkah laku dari hama kumbang bubuk. Buku ini dimaksudkan untuk menjadi bahan bacaan bagi para praktisi, akademisi, peneliti, pengusaha, dan komponen masyarakat serta memberi acuan dan referensi bagi para penentu kebijakan dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan nasional. Semoga buku ini dapat bermanfaat dan memberikan kontribusi nyata dalam menunjang stabilitas produksi dan ketersediaan pangan nasional, khususnya pada tanaman jagung.

Hormat Penulis

M.Sudjak Saenong
Ayyub Arrahman