Rabu, 05 Juli 2017

Maklumat Penerbitan Buku-II




PESTISIDA NABATI UNTUK HAMA KUMBANG BUBUK (Mujahid Press 2017)`

Walaupun hanya sekitar 10.000 jenis produksi metabolit sekunder yang telah teridentifikasi, tetapi sesungguhnya jumlah bahan kimia pada tumbuhan yang potensial sebagai pestisida nabati diperkirakan mencapai jumlah 400.000 jenis. Selanjutnya diperkirakan ada sekitar 1800 jenis tanaman yang potensial dapat digunakan untuk pengendalian hama (pestisida nabati), di Indonesia saja, jenis tumbuhan penghasil pestisida nabati tersebar dalam 235 famili tanaman dengan total tanaman teridentifikasi sebanyak 2400 jenis.

Secara umum mekanisme kerja pestisida nabati dalam melindungi tanaman dari organisme pengganggu antara lain aktivitas pestisida nabati secara langsung dapat menghambat proses reproduksi serangga hama khususnya pada serangga betina, mengurangi nafsu makan, menyebabkan serangga menolak makanan, merusak perkembangan telur, larva dan pupa, menghambat pergantian kulit yang pada akhirnya akan menghambat perkembangbiakan serangga hama.

Buku ini kami tulis dimaksudkan untuk memberi masukan dan referensi kepada para periset dan akademisi yang subtansi isinya menampilkan resensi hasil hasil penelitian pestisida nabati terhadap hama kumbang bubuk Sitophilus spp. 

Hormat Penulis
M.Sudjak Saenong
Ayyub Arrahman